First Look Yamaha Force

Posted: Agustus 20, 2013 in hobi

Assalamu’alaykum kawan:mrgreen:

Kemarin saat saya ke dealer yamaha untuk inden sparepart buat El-Silck si Yamaha Scorpio kebetulan lagi ada stok motor baru yaitu Yamaha Force. Kalo dengar kata “Yamaha” dan “Force” pasti yang terbesit dalam fikiran kita adalah motor bebek 2 tak:mrgreen: tapi itu salah, ternyta ini adalah motor 4 tak dengan sistem pengkabutan injeksi. cukup mberbanding terbalik dengan hal yang awal kita pikirkan ‘kan??? tapi tetap saja motor ini terlihat seperti gen vega ZR dari keluarga Vega yang mirip yamaha force terdahulu :mrgreen:

yamaha force

kalau dilihat bagian blok mesinnya, sepertinya sudah menggunakan roller rocker arm seperti Honda Blade dan New JUpiter MX. velg nya sudah menggunakan model cast wheel atau yang sering disebut velg racing

.yamaha force front

bagian depannya mengingatkan saya kepada vega ZR, sedangkan headlampnya seperti New V-Ixion Lightning, IMHO.

rear lamp yamaha force

bafian belakangnya terlihat cukup garang dengan behel boncenger yang cukup lebar.

muffler cover yamaha force

Cover mufflernya kegedean broooh :v

footstep yamaha force

bagian yang cukup menarik bagi saya juga terdapat di pedal transmisinya karena bentuknya terdapat bagian “lebihan” yang sangat berguna untuk melindungi kaki dari panasnya mesin saat menggunakan sendal😀

dari semua livery yang ready stock, yang ini adalah  yang menarik perhatian saya. warna dasar putih yang dikelir biru-hitam membuat tampilan terlihat manis😀

yamaha force biru

kalau soal harga dan spesifikasinya kurang tau deh, ngga ada mbak spg yang nemenin dan ga ada brosur juga yasudah lihat-lihat saja😀

tapi tetap saya kurang tertarik untuk membelinya karena belum punya uang sendiri dan ReVen oun belum Habis, hehehe

SEkian, Salam garis Merah. Wassalamu’alaykum😀

Ada Kritik atau Saran? Hubungi Saya

Posted: Agustus 14, 2013 in Uncategorized
Tag:

Assalamu’alaykum kawan😀

ga mau panjang lebar nih, langsung saja kalau misalnya pada tulisan / artikel saya ada yang tidak berkenan atau jika ada yang ingin disampaikan bisa menghubungi jejaring sosial berikut :
Facebook : D’hee Mas Aji Prasetyo
Fanspage : Red Liner’s blog
ini ditujukan khususnya kepada reader yang tidak memiliki akun WordPress karena komentar hanya akan berjalan satu arah. Fb dan FP quick Respon:mrgreen:

salam garis merah, wassalamu’alaykum🙂

Assalamu’alaykum kawan😀

Saya harap saat membaca judulnya saja kawan-kawan semua bisa mengerti fungsi spion. Ya, sekarang memang banyak yang masih menyepelekan fungsi spion. Kalau tanpa spion kita bisa tau keadaan dibelakang kita dari mana? Intuisi alias tebak-tebakan terus asal ngacir gitu aja? Hmmm… Jalan raya bukan ajang Moto Gp kawan.

spion memang masih dianggap sepele. Buktinya masih banyak para pengendara yang mengganti spionnya dengan spion variasi yang ukurannya kurang ideal untuk berkendara harian, batang besinya kependekan, atau bagian-bagiannya gampang kendor jadi, kalau buat jalan posisi spionnya berubah bisa turun kebawah atau kaca menghadap ke arah dalam seperti meggy (NMP merah). Bahkan banyak motor sport full fairing yang sampai melepas spion denga alasan “bikin culun”, “susah cari model yang sporty” atau malah atas dasar aerodinamika, hasyah -_- (padahal setau saya kalo kecepatan masih antara 60-80km an ga spion ga ngaruh banget ah)
contohnya seperti kisah teman saya ini, dia memang anaknya agak menyepelekan spion. Ceritanya gini : waktu itu dia mengemudikan motor yamaha mio berboncengan dengan temannya, saat dia menyebrang ke arah kanan dia langsung memotong jalan ke kanan jalan (sampai marka jalan), tanpa disadari ada pengemudi honda revo yang masih ada disamping kanan belakangnya, jadi si revo merasa terpepet dan akhirnya ikut ke kanan. Lalu dari depan ada alay sruntulan yang membuat teman saya kaget sehingga dia nge-rem mendadak dan saat itu juga JDUEER!!!Si revo nabrak motor teman saya, keempatnya terjatuh, si pengemudi revo mengalami sedikit luka di jarinya dan spakbor depannya “Groang” (pecah sedikit). Sedangkan teman saya tidak ada yang terluka tapi spion kananya patah di bagian dudukannya, alhasil spion kanan benar-benar tidak bisa dipasang. Tapi syukurlah, pengemudi revo menyalahkan alay sruntulan. Jadi tidak ada acara debat otot.
(kawan-kawan reader ngga tau faham ngga ceritanya, yang penting saya cerita apa adanya :v )
dari cerita diatas mungkin bisa sedikit mengilhami kawan-kawan betapa pentingnya spion. Makanya banyak orang yang menganjurkan menggunakan spion.
Kalau kawan-kawan mau mengganti spion, usahakan yang agak lebar kacanya & cukup panjang & kuat gagang besinya. Atau alternatif bisa pakai spion ori yamaha yang segi 6 atau spion ori New Mega Pro yang menurut saya juga cukup keren, jarak pandang luas & minim getaran, IMHO)

“INGAT, NO SPION = ALAYER”

sekian ya kawan, semoga berguna🙂

salam garis merah, wassalamu’alaykum😀

Assalamu’alaykum kawan😀

Banyak orang beranggapan waktu pakai helm itu “ketat” atau “nge-press kepala” walaupun sebenarnya ada ukuran yang lebih besar. Tapi, ukuran besar malah jadi aneh kalo dirasa,posisi helm bisa berubah-ubah karena getaran saat mengemudi. maka dari itu banyak orang yang susah jika disuruh mengenakan helm.
Itu adalah hal yang umum dialami oleh sebagian dari kita. Lalu hal itu biasa menjadi ganjalan bagi para wanita ber-hijab aka jilbab. Dimulai dengan alasan takut siputnya rusak, kainnya kusut, pengap, keringetan, bau, dan lain-lain. Itulah alasan mereka enggan / susah disuruh mengenakan helm.:/
sebenarnya kalau mereka sadar akan pentingnya fungsi helm, mereka akan memutar otak seperti teman di facebook saya ini, dia wanita berjilbab & sehari-hari mengemudikan motor batangan garpu tala, yaitu Scorpio Z. Ditambah lagi helmnya fullface loh, salut deh mbak:mrgreen:

jilbab1
si mbaknya bilang “kalau sadar diri (pada keamanan / keselamatan) ya pake helm fullface. Pandangan emang cuma sedikit, tapi kalo bukan fullface perlindungannya kurang. Pake fullface aja muka bisa kotor apalagi bukan fullface?”
Lalu dari obrolan singkat via facebook ada sedikit tips dari mbaknya buat wanita berjilbab yang mau memakai helm fullface. Berikut tipsnya :
1. Jika rambut mbaksis panjang, ikatan rambutnya usahakan yang tidah menimbulkan “jendolan” seperti konde. Alternatifnya bisa dikuncir satu. Cara ini untuk mempermudah masuknya kepala ke helm dan jika rambutnya seperti ini, kepala tidak terganjal rambut (terdorong agak ke depan)
2. Helm yang pas sesuai ukuran kepala (kalau bisa longgar sedikit).
3. Cara memasukan kepala ke helm ke kepala. Disini banyak sekali orang yang keliru saat coba memakai helm fullface. Ketika helm sudah ada diatas kepala, orang lebih cenderung memegang pipi helm lalu menariknya kebawah, sehingga efeknya si pipi helm tertekan. Apabila kepasa sampai masuk helm, pasti akan terasa sakit di kulit sekitar. Lalu cara yang benar adalah tali sabuk helm ditarik ke arah sisi luar pipi helm, lalu kaca helm menghadap ke bawah sembari mengarahkan lubang helm ke dahi, setelah masuk dahi, tegakkan / naikan arah hadap kaca helm ke depan sambil masih menarik sabuk helm, lalu tarik ke bawah. Dijamin mudah & bebas sakit.
4. Melepas helm pun ada tekhniknya, yaitu tips no. 3 dilakukan dari belakang :p

lady biker

wajah mbaknya:mrgreen:
facebook : Ayyank Octa Pio Rider

sedikit tips dari saya
– jika ingin terbebas dari keringat yang bikin helm bau usahakan cari helm fullface yang ventilasinya bagus / lancar
– kalau sudah terlanjur punya yang seadanya, kaca helm bisa sedikit diangkat sekitar 1.5-2 cm dari atas bibir bawah kaca helm. Ini bisa memperlancar udara yang masuk.
-lalu apabila mbaksis lebih suka ikatan rambut yang “njendol”, lebih cocok pakai open face.

Apapun helm & gayanya, yang penting masih layak pakai, SNI & sabuk helm jangan lupa disambungkan sampai bunyi “klik” ya kawan semua😀
inget, kalo udah urusan sama sepeda motor, helm itu wajib🙂

sekian dari saya, semoga bermanfaat…🙂

salam garis merah, wassalamu’alaykum😀

Game Simulasi Safety Riding

Posted: Juli 21, 2013 in hobi, sekitar

Assalamu’alaykum kawan😀

teman di Fb bikin terobosan nih kawan, dia bikin game Simulasi Safety Riding😀
game simulasi aman berkendara atau simulasi safety riding ini beliau ciptakan karena keprihatinan dominasi kecelakaan di tanah air oleh kendaraan roda dua. Sepeda motor
selalu menjadi peringkat atas dibanding mobil atau kendaraan lain. Keprihatinanya dituangkan dalam perancangan game simulasi, Game dalam komputer tablet ini mengangkat tema simulasi aman berkendara roda dua di jalan umum dengan sistem operasi android.

Sistem operasi android dipilih karena sangat populer, terjangkau, dan didukung oleh fitur multimedia maksimal seperti layar sentuh sehingga para pengguna akan merasakan sensasi simulasi. Penekanan dari simulasi yang akan dibuat adalah safety riding, yaitu game yang ditujukan untuk membudayakan perilaku
berkendara yang baik dan benar di jalan umum. Penelitian menunjukkan berbagai perilaku abnormal di jalan umum dapat diaplikasikan dalam permainan simulasi aman berkendara roda dua di jalan umum.
Pada akhirnya dapat disimpulkan dengan mengaplikasikan konsep berkendara dalam komputer tablet akan memberi nilai lebih, mampu bergerak dinamis, ringkas, dapat dibawa kemana-mana, dimainkan kapan dan dimana saja. Memperkenalkan berkendara secara aman melalui
media game berpotensi menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat terutama usia produktif untuk berkendara yang baik dan benar karena
memberi nilai lebih dan mampu bergerak dinamis seiring dengan perkembangan teknologi. Kampanye berkendara secara aman secara konvensional berupa penyuluhan dan bimbingan, dirasa kurang
menarik dan tepat sasaran karena cara penyampaiannya yang formal dan kaku.

Pencapaian melalui aplikasi permainan ini adalah suatu usaha memperkenalkan berkendara secara aman melalui media komputer tablet kepada masyarakat yang tentunya akan lebih mudah dalam menerima serta mengetahui apabila media yang dipakai adalah media yang memang dekat dengan mereka, dapat dibawa kemana-mana, dapat dimainkan setiap saat dimana saja. Target game ini mencakup usia 20-25 tahun, semua
golongan, dan berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan, dengan konsep meliputi:

1. Tampilan grafis yang menarik, komunikatif, serta
menghibur.

2. Permainan berupa simulasi keseharian perilaku
berkendara.

Seiring perkembangan teknologi, penetrasi melalui media game merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan
berkendara secara aman yang diharapkan akan menjadikan para pengendara sepeda motor agar menjadi pengendara yang baik dan benar. Bobot inovasi untuk memperkenalkan berkendara secara aman adalah melalui media game, karena usaha penyuluhan dan kampanye konvensional sifatnya formal dan kaku sehingga pendengar mudah jenuh dan tidak simpatik. Masyarakat tentunya akan lebih mudah dalam menerima serta mengetahui apabila media yang dipakai adalah media populer seperti tablet android yang memang
dekat dengan mereka, media dengan sensasi layar sentuh, mudah diunduh, dapat dibawa kemana-mana, serta dapat dimainkan setiap saat dimana saja. Aksesoris sepeda motor juga menjadi nilai tambah dalam permainan ini. Pemain memiliki kebebasan untuk melakukan penyesuaian pada bagian sepeda motor. Dengan berbagai pilihan aksesoris, pemain dapat merasakan efek permainan yang menarik sehingga tidak cepat bosan.

berikut picturenya* :

game simulasi 1

game simulasi 2

game simulasi 6

game simulasi 4

game simulasi 5

game simulasi 7

game simulasi 8

saya sendiri masih pernasaran dengan game ini, tapi sayangnya HP saya masih berbasis Symbian -_-

gamenya bisa diunduh dari link dibawah ini

http://www.4shared.com/android/I1AZa2WP/Simulator-android-1.html simulator-android-1.apk

atau mungkin jika mengalami kesulitan bisa menghubungi empunya, yaitu Godham Eko Saputro II (via facebook).
mungkin hanya segini yang bisa saya tulis, kurang lebihnya mohon maaf:mrgreen:
salam garis merah, wassalamu’alaykum😀

* picture by : natdevin photograph

Marhaban Ya Ramadhan

Posted: Juli 9, 2013 in sekitar

Assalamu’alaykum kawan Red Liner semua😀

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang dibulan suci Ramadhan😀
Alhamdulillah tahun ini Allah masih memberikan usia untuk kembali menjalankan ibadah-Nya.
sebelum memasuki hari-hari puasa (mumpung masih malam harinya:mrgreen: ) Saya Dhi Emas Aji P. Atas nama pribadi, keluarga, dan Red Liner’s Blog mau meminta maaf jika ada salah kata dan perbuatan. Saya tidak ingin ada kesalahan yang masih mengendap di hati kawan-kawan semua. Karena saya dan kawan-kawan semua itu sama-sama manusia biasa, jadi harus sama-sama memaafkan ya😉

o iya, biar artikel singkat ini berbobot sedikit, nih saya tambahin niat puasa Ramadhan, do’a ini dibaca setelah shalat tarawih :
“NAWAITU SHOUMA GHODIN’AN ADAA-I FARDHI SYAHRI ROMADHOONA HAADZIHI SANATI LILLAHITA’ALA”
artinya :
“Niat ingsun puasa ing dina isuk sekiki saking kang nekani fardhune bulan romadhon ing tahun iki lillahita’ala” (niat saya berpuasa diesok hari menunaikan kewajiban Ramadhan di tahun ini lilllahita’ala):mrgreen:

selamat berpuasa bagi yang menjalankan, dan bagi yang tidak mohon toleransinya ya😀
jangan mulai makan sebelum maghrib dan jangan berhenti makan sebelum shubuh:mrgreen: yang makan disiang bolong bukan kawan Red Liner :p
perbanyak amalan baik😀

Salam Garis Merah, Wassalamu’alaykum kawan😀

Sisi Positif Knalpot Racing

Posted: Juli 9, 2013 in hobi, sekitar

Assalamu’alaykum kawan😀

Kawan-kawan Red Liner’s Blog mungkin ada yang memakai knalpot racing??? Tujuan utama menggunakan knalpot ini tentunya untuk mendapatkan suara yang meraung nge-bass dan naiknya power kan?

knalpot-racing-x

sumber : google

 

Tapi pada tulisan ini saya lebih ingin menyoroti tentang suaranya saja.
Ditengah perang “motor injeksi” dan standarisasi Euro3 (sistem pembuangan agar dampak gas buang tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan) membuat banyak produsen kendaraan bermotor melengkapi produknya dengan knalpot yang bersuara halus sehingga hanya pada kecepatan yang benar-benar tinggi saja deru suara mesinnya terdengar. Hal ini memang membuat telinga terasa nyaman. Tapi pada saat-saat tertentu ini berbahaya. Kenapa berbahaya? Bayangkan ketika anda sedang mengemudi, lalu ada kendaraan bersuara halus dibelakang anda pada titik blind spot (tidak terlihat di spion) lalu ketika dia ingin menyalip (misal dari kanan) anda dengan suara kendaraanya tidak terdengar, pada saat yang bersamaan anda yang tidak menyadarinya ingin memotong lajur ke kanan dan??? Gubrak…
Saya sendiri pernah mengalaminya dua kali bersama Honda New Blade saya. Kejadian ini terjadi ketika mi* J mencoba menyalip saya, lalu kejadian berikutnya mungkin bukan dengan motor injeksi tapi suaranya benar-benar halus, yakni P*lsar 200. Untungnya tidak terjadi senggolan dan tidak ada korban.
Tapi ingat kalau mau ganti knalpot, gunakan knalpot after market yang suaranya tidak cetar membahana karena bisa memecah konsentrasi pengemudi lainnya (pengalaman sendiri, IMHO). Gunakan yang suaranya “adem” atau “ngebass”. Alternatifnya mungkin bisa pakai knalpot produk lain misalnya knalpot Tig*r.
Kalau standaranya Scorpio Z sih cukup-cukup saja😀
tapi tetap ada rencana untuk mengganti knalpot tapi bukan dengan yang cetar membahana:mrgreen: mau ganti yang lebih adem🙂

intinya, saya rasa knalpot dengan suara nyaring punya sisi positif:mrgreen:

polisi aja ada yang pakai knalpot bobokan:mrgreen:

knalpot motor polisi

di daerah bogor. sumber : pride online

 

sekian tulisan saya, ambil sisi positif dan tetap berfikiran terbuka ya kawan😀

Salam Garis Merah, Wassalamu’alaykum🙂