Arsip untuk Februari, 2013

Nemu Honda Sonic

Posted: Februari 22, 2013 in hobi, pengalaman, sekitar

Assalamualaikum masbor&mbasis ๐Ÿ™‚

udah lama ga posting nih dikarenakan ga punya lepi / kompi sibuk (itupun ga terlalu) :mrgreen:

sebenernya sih ini gambar lawas sejak bulan november kemarin, tepatnya waktu lagi beli oil treatment buat touring ke cilacap :p

di bengkel ada honda sonic lagi di bongkar, jarang-jarang liat motor ginian ๐Ÿ˜€

langsung aja nih gambarnya ๐Ÿ˜€

23112012518

23112012519

26112012554

26112012556

26112012557

motor langka ini lagi diapain ga tau, tapi yang jelas lagi di bongkar :p

berikut speknyaย  :

  • Panjang x lebar x tinggi : 1.900 x 660x 960 mm
  • Jarak sumbu roda : 1.251 mm
  • Jarak terendah ke tanah : 130 mm
  • Berat Kosong ย ย ย  : 102.5 kg
  • Tipe rangka : Twin tube frame
  • Tipe suspensi depan : Teleskopik
  • Tipe suspensi belakang : Tunggal (Monoshock)
  • Ukuran ban depan :60/100 โ€“ 17M / C 33P
  • Ukuran ban depan : 80/90 โ€“ 17M / C 44P
  • Rem depan dan belakang : Cakram hidrolik, dengan piston ganda dan tunggal untuk bagian belakang
  • Kapasitas tangki bahan bakar : 4,2 liter
  • Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan cair
  • Sistem pendinginan : Radiator dengan kipas elektrik
  • Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
  • Volume langkah : 124,7 cc
  • Perbandingan kompresi ย ย ย ย ย ย ย ย ย  : 11,7 :1
  • Daya maksimum : 13,4 HP / 10.500 rpm
  • Torsi maksimum : 10,2 N.m / 7.500 rpm
  • Torsi maksimum : tidak tersedia
  • Kopling : manual, multiplate wet clutch
  • Gigi transmisi : 5 kecepatan
  • Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
  • Starter : electrik & kick starter
  • Sistem pengapian : DC โ€“ CDI

sekian, semoga bermanfaat… salam SOHC ๐Ÿ™‚

wassalamualaikum ๐Ÿ™‚

* pict : aseli Red Liner’s Blog

Iklan

Test Ride Suzuki Inazuma

Posted: Februari 3, 2013 in nyacag, pengalaman

Assalamualaikum masbor&mbasis ๐Ÿ˜€ kembali lagi bersama Red Liner’s Blog :mrgreen:
artikel kali ini mau nyeritain sedikit tentang test ride suzuki Inazuma 250 si SOHC kencang lansiran tahun lalu yang bisa jadi knocker yamaha scorpio Z (di kelas street fighter turing), wehehehe :/ … Fotonya udah dari hari sabtu tanggal 19 januari kemaren sih, tapi baru sempet update hari ini, hehehe :v yup, berawal lihat iklan di koran “test ride suzuki Inazuma berhadiah”, Red Liner langsung pengen banget “nyacag” tuh motor… :mrgreen:
***
singkat cerita, sabtu tanggal 19 januari kemaren, saya langsung ngajak temen buat ke dealer suzuki yang tertera di koran (kebetulan temenku itu anaknya petinggi di suzuki loh, hehehe). Pas nyampe dealer, weeh… Moge polos nan elegan menyambut didepan pintu (kamsupay mode:on).19012013725 Langsung aja temenku bilang kalo dia anaknya bla bla bla dan mau bla bla bla, heheheh :mrgreen: langsung dah dikasih kunci unit test ridenya gile, bodinye gambot abis masbor& mbasis, dalem pikiran saya langsung ragu kalo bisa berakselerasi… Langsung saya tunggangin tuh motor walau masih dalem dealer dan??? Jok gak terlalu empuk tapi ergonomicnya nyaman abis ๐Ÿ˜€ Motor dalam keadaan standar 2, pas mau di naikin (standarnya), masya Allah, berat banget nih motor, perasaan sama-sama street fighter >200 cc sama El-Silck tapi kok beda beratnya jauh banget??? (lupa kalo Inazuma multi silinder, hehehe). Butuh 3 orang buat naikin standar tengahnya, astaghfirullah. Dengan tinggi 173cmKaki saya bisa menjajaki tanah dengan sedikit sekali diangakat tumitnya, hehehe ๐Ÿ˜€ 2013-01-19 13.01.47ย  Kunci kontak dinyalain dan spidometer futuristik & informatif pun menyala dengan penuh warna 19012013729ย ๐Ÿ˜€ suara lembut khas mesin 2 silinder injeksi yang “wurrr” (efek suara bulat) pun menyapa ย ๐Ÿ˜€ pertama ngelilingin halaman dealer yang mungil dulu, cuma pakai gir 1. terus turun ke jalan raya yang agak ramai ๐Ÿ˜ฆ pasti treknya jadi terbatas… Tapi karena ramainya jalanan itu pun alhasil terbukti ketangguhan akselerasi si gambot multi silinder ini ๐Ÿ˜€ gileee, ga kaya dugaan di awal ngeliat, tarikannya joss banget… Walaupun bodi Inazuma yang berat + bobot Red Liner yang kisaran 80an + 1 boncenger (pengawal dari dealer) yang kira-kira 50 kg, tapi ga ada yang namanya kata ngeden, WOW!!! ๐Ÿ˜ฎ karena trek yang pendek & ramai, alhasil cuma sampe gear 3 dari 6 gear… Tapi bisa ngerasain akselerasinya juga udah mantep kok , apalagi gratis, hehehe :mrgreen:
setelah kembali ke dealer, temen saya gantian nyoba,

bang aoi in action

bang aoi in action

Ikhsan "Aoi" Ali

Ikhsan “Aoi” Ali

tapi dia cuma di halaman dealer aja, soalnya dia bilang “udah cukup mas, mantep!” hahaha ๐Ÿ˜€ (kayanya sih takut ga bisa ngimbangin bobot-bobotnya, soalnya dia ga terlalu tinggi, hehehe peace ๐Ÿ˜€ ). Waktu motor dimasukin ke dealer lagi, dibawah leher knalpotnya ada tetesan air,2013-01-19 13.27.012013-01-19 13.27.14 ย itu berarti pembakarannya sempurna & efisien dalam penggunaan bahan bakar ๐Ÿ˜€ waktu udah selesai, eh ternyata kata “berhadiah” di iklan koran cuma buat narik perhatian aja,ffuuuuuuh!!!
Tapi ga apa-apa lah, yang penting bisa nyacag gratis hehehe… Sekian ceritanya, berikut dilihat lagi gambar2 amatirnya, hehehe :

19012013731

dari sudut ini spakbornya not bad lah :)

dari sudut ini spakbornya not bad lah ๐Ÿ™‚

 

19012013732

19012013734

19012013733

19012013723
harga di brosurnya 46.700.000… Mau beli??? Saya ngga… Duit segitu ambil 10
Jt buat naikin & menyempurnakan performa El-Silck, sisanya bisa buat lebih banyak daripada beli 1 unit kawasaki ninin RR super kips, buat amal zariyah misalnya, hehehe ๐Ÿ˜€

sekian dan terima kasih atas waktunya ๐Ÿ™‚

salam SOHC (eh iya, El-Silck sama inazuma sama-sama SOHC kentjaang pada zamannya. Saling menyapa walau beda merk yah :D)

wassalamualaikum… ^_^

Cuci helm sendiri, mudah & murah

Posted: Februari 3, 2013 in pengalaman

Assalamualaikum masbro & mbaksis ๐Ÿ˜€ artikel kali ini Red Liner mau bagi-bagi sedikit pengetahuan & pengalaman pribadi soal nyuci helm sendiri ๐Ÿ˜€
Red Liner sendiri helmnya pake yang model fullface, soalnya kalo menurut saya tipe tersebut cukup aman apabila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan (tabrakan misalnya). Karena helm fullface agak rapet, jadi sirkulasi udaranya pun tidak berlangsung dengan baik, walhasil helmnya jadi gampang bau, apalagi kulit saya gampang keringetan, hehehe :mrgreen:
ya, nyuci helm sendiri emang lebih murah irit & caranya pun cukup mudah loh, masbro & mbaksis ๐Ÿ™‚ berikut tahapannya :
1. Lepas busa-busa helm dari dalem tempurungnya (ga semua jenis helm bisa di lepas busa-busanya

buka dulu daleman helmnya

buka dulu daleman helmnya

, misal : helm open face bawaan dealer). Biasanya ada 4 bagian busa helm (2 pipi, 1 bagian atas kepala & 1 buat dibagian belakang kepala), terutama helm dengan merk ternama (KYT, INK, NHK dsb.). Tapi berhubung punya sayabukan helm mahal & terkenal (tapi tetep kuat :D) jadi cuma ada 3 bagian. Cuma bagian pipi sama atas kepala aja, xixixi :mrgreen:
2. Rendam di air yang dicampur detergent secukupnya.

detergen secukupnya, tapi jangan sampe kurang

detergen secukupnya, tapi jangan sampe kurang

Embernya ga usah gede-gede biar irit airnya ๐Ÿ˜‰ Rendemnya ga usah lama-kok, 15 menit juga jadi kok, detergennya juga jangan banyak-banyak… Gausah lama-lama karena akibatnya fatal… Fatal emang apaan akibatnya??? Ya pasti kebablasan lah, jadi lupa nyuci deh, wkwkwk :mrgreen:
3. Setelah di rendam, lalu diremas-remas dulu busa helmnya biar tercampur rata.4Lalu seperti proses mencuci pakaian pada umumnya, “dikucek-kucek” eeaaaa ๐Ÿ˜€ kadang-kadang Red Liner pake sikat, tapi sayang ah, takut bahan busanya cepet rontok, hehehe ๐Ÿ˜€
4. Lalu kalo dirasa sudah cukup bersih,busanya ditekan kearah dalem ember, lalu air dalam embernya dibuang sambil masih menekan busa.75 Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembilasan, soalnya kalo ga sambil ditekan ganti airnya bisa sampe 7 kali… Wow 1 ember = 2 gayung / 2 liter kali 7 ember = 14 liter air terbuang percuma… Ckckck. Lalu saat air baru dituangkan, proses no.4 terus dilakukan sampai air bebas dari warna keruh detergen / kotoran (bening).
5. Setelah airnya bening, lalu dicampur dengan pewangi pakaian, cukup 1 sachet aja udah wangi kok, hehehe 8ย ๐Ÿ˜€ busa helmnya di rendem lagi didalem air pewangi selama 15 menit aja lagi. Sambil nunggu wanginya meresap ke busa helm, Red Liner selalu nge-poles cangkang helmnya biar kinclong, hehehe :mrgreen: tapi sebelum di poles, di lap dulu pake lap basah…
Nah, kalo udah selesai nge-poles 9, kembali ke busa helm ๐Ÿ˜€ busa helmnya di peres (jangan dipelintir, cukup di press pake tangan), kalo bagian atas kepala agak gampang ngegantungnya, apalagi kalo yang biasa nyuci… kaya ngegantung…(isi sendiri, masbor&mbasis tau kan bentuknya gimana ??? Hahaha :mrgreen: ).10 Yang perlu sedikit lebih diperhatikan adalah bagian pipi, karena bagian tersebut harus dijepit dengan jepitan jemuran dengan benar agar tidak mudah jatuh, karena dilapisan yang terdapat kancing antara busa & cangkang helm terbuat dari bahan plastik yang pasti membuat cengkraman penjepit jemuran tidak maksimal (slip).

jangan sampe lengah ngejepitnya

jangan sampe lengah ngejepitnya

Nah berikutnya proses penjemuran. Proses yang ini tergantung kondisi cuaca :mrgreen: kalo panas sekitar 4 jam udah bisa dipasang ke cangkang, tapi kalo ngga kaya sekarang berhubung cirebon lagi sering mendung, makanya diterusin didepan kipas aja, hehehe ๐Ÿ˜€ tapi kalo cuaca udah panas lagi, dijemur lagi ya masbor&mbasis… Untuk menghindari bau apek ๐Ÿ˜€ kalo udah kering & ga bau bisa dipasang lagi ke cangkangnya

shiny

shiny

not bad

not bad

nah, gimana masbor&mbasis??? Mau dicoba??? Boleh aja kok ๐Ÿ˜€
detergent yang seribuan bisa buat 5x pakai, pewanginya harganya cuma 500 rupiah saja, itu berarti kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 700rupiah tiap kali mencuci sendiri. Coba bandingkan dengan dicuci di salon helm yang bisa 15ribu rupiah per nyuci ๐Ÿ˜‰

tapi masbor &mbasis, jangan pernah nekat nyuci kalo cuacanya mendung… atau langkah-langkah diatas akan gagal & harus diulangi dari awal.
yah, tips ini cuma dari bikers kampung tapi gak kampungan ๐Ÿ˜€ semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚
kurang lebihnya mohon maaf & bisa ditambahkan di kolom komentar ๐Ÿ™‚

sekian dulu artikel kali ini, salam SOHC ๐Ÿ™‚

wassalamualaikum…