Cuci helm sendiri, mudah & murah

Posted: Februari 3, 2013 in pengalaman

Assalamualaikum masbro & mbaksis 😀 artikel kali ini Red Liner mau bagi-bagi sedikit pengetahuan & pengalaman pribadi soal nyuci helm sendiri 😀
Red Liner sendiri helmnya pake yang model fullface, soalnya kalo menurut saya tipe tersebut cukup aman apabila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan (tabrakan misalnya). Karena helm fullface agak rapet, jadi sirkulasi udaranya pun tidak berlangsung dengan baik, walhasil helmnya jadi gampang bau, apalagi kulit saya gampang keringetan, hehehe :mrgreen:
ya, nyuci helm sendiri emang lebih murah irit & caranya pun cukup mudah loh, masbro & mbaksis 🙂 berikut tahapannya :
1. Lepas busa-busa helm dari dalem tempurungnya (ga semua jenis helm bisa di lepas busa-busanya

buka dulu daleman helmnya

buka dulu daleman helmnya

, misal : helm open face bawaan dealer). Biasanya ada 4 bagian busa helm (2 pipi, 1 bagian atas kepala & 1 buat dibagian belakang kepala), terutama helm dengan merk ternama (KYT, INK, NHK dsb.). Tapi berhubung punya sayabukan helm mahal & terkenal (tapi tetep kuat :D) jadi cuma ada 3 bagian. Cuma bagian pipi sama atas kepala aja, xixixi :mrgreen:
2. Rendam di air yang dicampur detergent secukupnya.

detergen secukupnya, tapi jangan sampe kurang

detergen secukupnya, tapi jangan sampe kurang

Embernya ga usah gede-gede biar irit airnya 😉 Rendemnya ga usah lama-kok, 15 menit juga jadi kok, detergennya juga jangan banyak-banyak… Gausah lama-lama karena akibatnya fatal… Fatal emang apaan akibatnya??? Ya pasti kebablasan lah, jadi lupa nyuci deh, wkwkwk :mrgreen:
3. Setelah di rendam, lalu diremas-remas dulu busa helmnya biar tercampur rata.4Lalu seperti proses mencuci pakaian pada umumnya, “dikucek-kucek” eeaaaa 😀 kadang-kadang Red Liner pake sikat, tapi sayang ah, takut bahan busanya cepet rontok, hehehe 😀
4. Lalu kalo dirasa sudah cukup bersih,busanya ditekan kearah dalem ember, lalu air dalam embernya dibuang sambil masih menekan busa.75 Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembilasan, soalnya kalo ga sambil ditekan ganti airnya bisa sampe 7 kali… Wow 1 ember = 2 gayung / 2 liter kali 7 ember = 14 liter air terbuang percuma… Ckckck. Lalu saat air baru dituangkan, proses no.4 terus dilakukan sampai air bebas dari warna keruh detergen / kotoran (bening).
5. Setelah airnya bening, lalu dicampur dengan pewangi pakaian, cukup 1 sachet aja udah wangi kok, hehehe 8 😀 busa helmnya di rendem lagi didalem air pewangi selama 15 menit aja lagi. Sambil nunggu wanginya meresap ke busa helm, Red Liner selalu nge-poles cangkang helmnya biar kinclong, hehehe :mrgreen: tapi sebelum di poles, di lap dulu pake lap basah…
Nah, kalo udah selesai nge-poles 9, kembali ke busa helm 😀 busa helmnya di peres (jangan dipelintir, cukup di press pake tangan), kalo bagian atas kepala agak gampang ngegantungnya, apalagi kalo yang biasa nyuci… kaya ngegantung…(isi sendiri, masbor&mbasis tau kan bentuknya gimana ??? Hahaha :mrgreen: ).10 Yang perlu sedikit lebih diperhatikan adalah bagian pipi, karena bagian tersebut harus dijepit dengan jepitan jemuran dengan benar agar tidak mudah jatuh, karena dilapisan yang terdapat kancing antara busa & cangkang helm terbuat dari bahan plastik yang pasti membuat cengkraman penjepit jemuran tidak maksimal (slip).

jangan sampe lengah ngejepitnya

jangan sampe lengah ngejepitnya

Nah berikutnya proses penjemuran. Proses yang ini tergantung kondisi cuaca :mrgreen: kalo panas sekitar 4 jam udah bisa dipasang ke cangkang, tapi kalo ngga kaya sekarang berhubung cirebon lagi sering mendung, makanya diterusin didepan kipas aja, hehehe 😀 tapi kalo cuaca udah panas lagi, dijemur lagi ya masbor&mbasis… Untuk menghindari bau apek 😀 kalo udah kering & ga bau bisa dipasang lagi ke cangkangnya

shiny

shiny

not bad

not bad

nah, gimana masbor&mbasis??? Mau dicoba??? Boleh aja kok 😀
detergent yang seribuan bisa buat 5x pakai, pewanginya harganya cuma 500 rupiah saja, itu berarti kita hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 700rupiah tiap kali mencuci sendiri. Coba bandingkan dengan dicuci di salon helm yang bisa 15ribu rupiah per nyuci 😉

tapi masbor &mbasis, jangan pernah nekat nyuci kalo cuacanya mendung… atau langkah-langkah diatas akan gagal & harus diulangi dari awal.
yah, tips ini cuma dari bikers kampung tapi gak kampungan 😀 semoga bermanfaat 🙂
kurang lebihnya mohon maaf & bisa ditambahkan di kolom komentar 🙂

sekian dulu artikel kali ini, salam SOHC 🙂

wassalamualaikum…

Iklan
Komentar
  1. bapakeVALKYLA berkata:

    kata pabrikan helm, idealnya jangan pakai deterjen. bisa merusak busa.
    mending pakai shampo / sabun cair…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s