Arsip untuk April, 2013

Assalammualaikum kawan Red Liner πŸ™‚

beberapa hari lalu, saya mau ngelepas tulisan “ScorpioZ” di Bapa Jaya aka El-Silck karena warna kuningnya ga matching dan keliatan alay rame…

ngelepas stiker disebelah kanan gampang, lancar, lem ga membekas. tapi waktu disebelah kiri ternyata ga seperti yang disebelah kanan, lemnya membekas 😦

pusing masih kotor

terus gimana caranya ? eng ing eng…. pake minyak kayu putih sama kapas aja πŸ˜€

ampuh beroooo :mrgreen: tapi menggosoknya harus rada di tekan biar cepat hilang bekas lemnya, tapi kalo dirasa sudah tidak bisa merontokkan sisa lem tadi ya tambahkan saja minyak kayu putihnya πŸ˜€bersih dari lem

lalu setelah bersih, sebisa mungkin dibersihkan pakai shampo mobil atau apa saja yang bisa membersihkan minyak kayu putihnya agar si minyak ga bereaksi dengan cat bodi & mengakibatkan rontoknya warna cat.Β kan malah nambah pusing kalo gitu :3

gimana ? mau coba? hati-hati ya kawan πŸ™‚

sekian tips dari saya, salam garis merah πŸ™‚

wassalamualaikum πŸ™‚

Iklan

Solusi Ternak Ikan :3

Posted: April 28, 2013 in Uncategorized

Assalamualaikum masbro&mbasis :3

Artikel kali ini RedLiner’s Blog ga ngebahas tentang motor-motoran seperti pada umumnya biar ga monoton :mrgreen:

didepan ruma saya, ada tetangga yang nernak ikan pake cara yang menurut saya unik, kenapa unik? karena kolam ikannya bukan digali di tanah, melainkan menggunakan terpal yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menampung air dan diisi ikan πŸ˜€ 18042013882

tetangga saya yang biasa saya panggil Aa Ikhwan atip ini adalah seorang ayah 1 anak pemilik kolam tersebut. RedLiner’s ga ngewawancarain aa ikhwan atip karena jarang ketemu, tapi saya cuma mau berpendapat aja sih :mrgreen: 18042013885

dizaman seperti sekarang ini, sangat sedikit tanah kosong bertuan yang bisa digunakan secara cuma-cuma & si tuan itu ikhlas saat tanahnya kita gunakan (padahal pas panen dikasih bayaran buat basa-basi seperti ngasih ikan yang udah dimasak atu mentah atau apalah yang penting balas budi :v )

maka dari itu, mungkin hal itulah yang menginspirasi beliau buat membuat kolam dari terpal ini. Beberapa minggu lalu, letak kolamnya bukan disini, melainkan agak geser ke kanan sedikit. Beliau memindahkan kolamnya karena terpal yang sebelumnya sobek & bolong terkena kail pancing (LOL), hahahaha :mrgreen: 18042013883

kolam yang sebelumnya berukuran kurang lebih 2x3m & airnya tidak banyak kotoran (daun & bulu ayam) seperti sekarang. Isi kolamnya ada ikan lele, mujair, & ikan mas.23042013890

Ibu saya pernah beli ikannya, fresh loh πŸ˜€
nagkep ikannya malah pake nebar jala karena kail pancing gagal o_o
jumlah ikannya ga ditimbang, tapi dihitung saja. Waktu itu kalo ga salah 1 ember isi 8 ibu bayarnya Rp. 20.000. Lumayan πŸ™‚
soal rasa ikannya ??? kaya spagheti diatas pizza Ya umumnya ikan air tawar aja gimana rasanya :p

dari foto-foto tadi, bahan buat bikin kolam itu udah jelas kan? Cuma terpal (yang ga bocor), bambu buat kerangka kolam biar kotak :v , paku & tali… simpel & lebih murah namun harus telaten :v

Mungkin sobat ada yang mau nyoba? Monggo πŸ™‚

sekian, salam Garis Merah (ganti aja ah SOHC-nya biar jadi lebih umum)

wassalamualaikum… πŸ™‚

Assalamualaikum kawan-kawan Red Line πŸ˜€

ada yang tau apa penyakit lama Yamaha Scorpio dari generasi ke generasi? Ya, oli rembes dari blok mesin Four & shock breaker ambles. Tapi kali ini saya mau bahas oli shock dari block kabel RPM yang rembes nih.

Kalo oli udah blaratan kemana-mana pasti bakal jadi media buat debu & pasir nempel ke blok mesin yang bikin motor jadi dekil kumal & iyuuuh beudh buat diliatnya o_O
apalagi rembesan oli yang masuk ke sirip-sirip air cooler membuat proses pembersihannya menjadi cukup lama & butuh ketelitian agar bersih memuaskan. Selama megang pio aka El-Silck aka bapa jaya, saya juga memperhatikan kebocoran si oli. Karena itu saya coba menanganinya sendiri dengan alat-alat sebagai berikut :

23032013821
1. Gunting
2. Benang bangunan yang warna putih
3. Lem super glue (power glue / alteco)
4. Pinset
5. Pita sambungan pralon

terus diapain aja alat2 tadi??? Ya tentunya dipelototin aja sampe lumer di mata dipakai buat mengganjal bocor si oli. Banyak yang bilang katanya kalo bocor gitu karena seal dialemnya yang udah jelek. Tapi kalo saya liat tiap kali habis dicuci, yang pertama kali basah kena oli itu yang sambungan antara kabel warna hitam dengan logam yang nempel di blok four yang sama2 ditutup karet warna hitam.

Cekidot :
1. Bersihkan si kabel dari bekas-bekal kotoran & oli agar lem bisa menempel dengan sempurna. 23032013822
2. Lilitkan pita pralon sepanjang sekitar 0.5-1cm ke arah kanan & kiri sambungan.23032013823
3. Ikatkan benang bangunan berikan 2 sisi. Yang sisi satu sepanjang sekitar 7cm sedangkan yang satunya panjangnya lebih dari 15cm (secukupnya saja). Sisi yang pendek ditempelkan secara horizontal (mengikuti alur kabel) lalu sisi yang panjang dililitkan ke si kabel & si benang. Pada bagian logam di pangkal kabel hanya 1 lapis lilitan benang, tapi bagian kabel yang hitam karena diameternya lebih kecil dari bagian yang logam maka lapis lilitan harus agak tebal menyesuaikan sisi yang diameternya besar. Bila dirasa sudah cukup, ikat simpul mati. Bila agak sulit mengikatnya, gunakan pinset tadi.23032013825
4. Beri lem secara merata ke semua bagian benang.23032013826

Cara ini cukup efektif di scorpio saya. Rembesan oli berkurang drastis (hasil diketahui setelah motor dicuci) πŸ˜€

sekian, tunggu perkembangan berikutnya, siapa tau ada kekurangan yang bikin bocor lagi πŸ™‚

salam garis merah…

Wassalamualaikum πŸ™‚

Assalamualaikum Wr. Wb. Reader !!! πŸ˜€
lama gak ketemu sama Red Liners Blog… Pada kangen ya? Hehehe :mrgreen:
kalo baca judul artikel ini pasti tau dong saya mau apa? Ya, saya mau bagi-bagi rasanya touring itu… Kejadiannya sih udah 5 bulan yang lalu, tapi baru kepikiran buat artikelnya sekarang, hehehe πŸ˜€
“Touring” menurut saya adalah bepergian antar kota / antar provinsi menggunakan kendaraan pribadi. Tapi, setelah apa yang saya alamin tentang touring, saya rasa touring itu ga se-simpel naik motor hari-an. Kenapa? Karena touring itu butuh persiapan yang cukup matang mulai dari hal sepele seperti pemanasan anggota tubuh, tekanan angin ban, isi bensin & perlengkapan yang tak terduga (maksudnya seperti toolkit & jas hujan) sampai hal yang penting… Kelayakan kondisi komponen motor, perbekalan (uang / makanan) & kimcil mental dijalan raya misalnya. Jangan sampai seperti cerita saya bersama Pa Jaya atau yang saat itu masih dipanggil El-Silck aka Yamaha Scorpio Z.Β Touring 1 Yang terjadi sih gak parah atau “wow”, hahaha :mrgreen:
terus apa dong yang terjadi? Ketika dalam perjalan dari cirebon menuju cilacap menuju rumah nenek, saya melawati jalan selebar 2 bis. Menyalip diantara kendaran-kendaraan besar seperti itu, apalagi saat tepat disamping ban truk / bis yang besar terkadang bembuat nyali ciut & grogi. Lalu kalau sampai “kagok” pasti bisa terjadi hal yang tak diinginkan, apalagi saya melaju berboncengan dengan bapak saya yang cukup membebani motor sehingga bisa membuat performa turun karena bobot & ditambah lagi dengan motor yang ban belakangnya hampir aus, haduuh -.-
Lalu saya kehujanan di daerah bumi ayu. Saya terpaksa berteduh di SPBU terdekat. Bayangkan, pada jam 11 siang berangkat dengan target sampai tujuan jam 4 atau 5 sore, ketika jam 2 siangnya saya harus menunda perjalanan selama 2 jam karena tidak membawa jas hujan :@. Ditambah lagi, ketika baru beranjak 1 jam dari SPBU, ban belakang BOCHOR BOCHOR!!!
Terpaksa lagi harus menunda perjalanan… 😦

ban bocor saat hujan

ban bocor saat hujan

melanjutkan perjalanan saat udara mulai dingin & dalam keadaan perut kosong adalah tantangan tersendiri *.*
saya sampai tujuan sekitar jam setengah 8. Jalan masuk menuju rumah nenek saya tergenang air (karena saat itu habis hujan besar juga) yang bikin bingung itu ketika mau masuk halaman. Seingat saya ada jalan kecil yang kanan kitinya parit *.*
tapi alhamdulillah beruntung πŸ™‚
tapi itu ga semudah ketika ingin memasukan motor ke rumah. Di bagian bawah pintu depan ada palang kayu (ciri khas rumah tradisional orang sekitar). Apa yang bikin sulit? Ketika ban depan mentok palang kayu & ban belakang yang kondisinya sudah diceritakan diatas berada dibagian tanah yang landai dan basah. Tapi, bukan Red Liner kalo ga bisa gituan doang :mrgreen:
yang pertama kali terasa pegal adalah bahu & punggung.

pulang-pulang dikasih ayam bangkok 2 ekor. ditaro di dalem kranjang putih terus diiket di breket aja dah biar gampang :mrgreen:Β Touring 2

Intinya, yang namanya riding jarak jauh itu yang diutamakan ya keselamatannya. Enjoy aja sama pemandangan di perjalanan πŸ˜€
Capek? Ngantuk? Ya istirahat, jangan dipaksakan πŸ™‚
sekian cerita saya, semoga ada manfaat yang bisa diambil πŸ™‚

salam garis merah (baruan :mrgreen:)

wassalamualaikum Wr. Wb πŸ™‚

Touring 3