Penyakit Lama Yamaha Scorpio : Blok Four Rembes Oli part I

Posted: April 28, 2013 in hobi, nyacag, pengalaman

Assalamualaikum kawan-kawan Red Line 😀

ada yang tau apa penyakit lama Yamaha Scorpio dari generasi ke generasi? Ya, oli rembes dari blok mesin Four & shock breaker ambles. Tapi kali ini saya mau bahas oli shock dari block kabel RPM yang rembes nih.

Kalo oli udah blaratan kemana-mana pasti bakal jadi media buat debu & pasir nempel ke blok mesin yang bikin motor jadi dekil kumal & iyuuuh beudh buat diliatnya o_O
apalagi rembesan oli yang masuk ke sirip-sirip air cooler membuat proses pembersihannya menjadi cukup lama & butuh ketelitian agar bersih memuaskan. Selama megang pio aka El-Silck aka bapa jaya, saya juga memperhatikan kebocoran si oli. Karena itu saya coba menanganinya sendiri dengan alat-alat sebagai berikut :

23032013821
1. Gunting
2. Benang bangunan yang warna putih
3. Lem super glue (power glue / alteco)
4. Pinset
5. Pita sambungan pralon

terus diapain aja alat2 tadi??? Ya tentunya dipelototin aja sampe lumer di mata dipakai buat mengganjal bocor si oli. Banyak yang bilang katanya kalo bocor gitu karena seal dialemnya yang udah jelek. Tapi kalo saya liat tiap kali habis dicuci, yang pertama kali basah kena oli itu yang sambungan antara kabel warna hitam dengan logam yang nempel di blok four yang sama2 ditutup karet warna hitam.

Cekidot :
1. Bersihkan si kabel dari bekas-bekal kotoran & oli agar lem bisa menempel dengan sempurna. 23032013822
2. Lilitkan pita pralon sepanjang sekitar 0.5-1cm ke arah kanan & kiri sambungan.23032013823
3. Ikatkan benang bangunan berikan 2 sisi. Yang sisi satu sepanjang sekitar 7cm sedangkan yang satunya panjangnya lebih dari 15cm (secukupnya saja). Sisi yang pendek ditempelkan secara horizontal (mengikuti alur kabel) lalu sisi yang panjang dililitkan ke si kabel & si benang. Pada bagian logam di pangkal kabel hanya 1 lapis lilitan benang, tapi bagian kabel yang hitam karena diameternya lebih kecil dari bagian yang logam maka lapis lilitan harus agak tebal menyesuaikan sisi yang diameternya besar. Bila dirasa sudah cukup, ikat simpul mati. Bila agak sulit mengikatnya, gunakan pinset tadi.23032013825
4. Beri lem secara merata ke semua bagian benang.23032013826

Cara ini cukup efektif di scorpio saya. Rembesan oli berkurang drastis (hasil diketahui setelah motor dicuci) 😀

sekian, tunggu perkembangan berikutnya, siapa tau ada kekurangan yang bikin bocor lagi 🙂

salam garis merah…

Wassalamualaikum 🙂

Iklan
Komentar
  1. Aa Ikhwan berkata:

    sip ajib,.. perekat yg ajib nih 😀

  2. eddy berkata:

    wah akan saya coba pada pio saya. Sudah ganti seal sekali tapi kok bocor lagi bocor lagi nie di ujung kabel RPM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s